Disinggung Anies, Ternyata Ini Alasan Korea Tetap Buka Bioskop Saat Pandemi Covid-19

84
Disinggung Anies, Ternyata Ini Alasan Korea Tetap Buka Bioskop Saat Pandemi Covid-19
Disinggung Anies, Ternyata Ini Alasan Korea Tetap Buka Bioskop Saat Pandemi Covid-19

Disinggung Anies, Ternyata Ini Alasan Korea Tetap Buka Bioskop Saat Pandemi Covid-19 | ZonaNKRI – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membuka kembali bioskop dalam waktu dekat. Anies juga menyinggung soal Korea Selatan yang tak menutup bioskop selama pandemi COVID-19.

“47 negara pada saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa, bahkan di Korea Selatan selama masa pandemi termasuk di puncak pandemi mereka di sana, bioskop tidak ditutup,” kata Anies dalam siaran pers di Youtube BNPB, Rabu (26/8/2020).

Saat negara lain menutup bioskop pada Maret, Korea Selatan menjadi pengecualian. Meski beberapa bioskop tutup, yang kini dibuka lagi, tidak ada kasus yang menjadi klaster infeksi Corona di bioskop Korsel. Mengapa?

Satu hal yang menonjol dari tindakan pencegahan di bioskop yang dilakukan di Korsel adalah sistem pemanas, ventilasi, dan AC diatur secara ketat.

“Bioskop di Korea Selatan memiliki sistem pengatur suhu ruangan yang jauh lebih aman daripada restauran atau kafe. Itulah mengapa kami tidak harus tutup selama pandemi. Bahkan jika orang terinfeksi mengunjungi bioskop, tidak ada orang lain yang tertular. Semua memakai masker dan menghadap ke depan,” kata Xangdean Jung, CEO Arthouse Cinema Artnine dikutip dari Screen Daily, Kamis (27/8/2020).

“Kami bisa leluasa mengontrol aliran udara dari luar dengan mesin. Semua bioskop lain juga memiliki sistem ini, dan semuanya bagus, punya filter HEPA untuk polusi debu halus, dan kontrol udara untuk menghentikan kebakaran dan banyak lagi. Bioskop Korea Selatan diuji kualitas udaranya dua kali setahun dan standarnya setara dengan rumah sakit,” sambungnya.

Selain itu, di Korea Selatan, seluruh orang yang berkunjung ke bioskop wajib melakukan pemeriksaan suhu, memakai masker, dan menyediakan informasi kontak untuk kebutuhan pelacakan infeksi. Penyelenggara juga menyediakan hand sanitizer, memberi jarak antar kursi dan secara rutin mendisinfeksi fasilitas bioskop.

“Tindakan pencegahan di pihak bioskop itu penting, tetapi upaya pencegahan yang dilakukanpenonton seperti memakai masker, menahan diri untuk tidak makan dan minum dan menjaga kebersihan juga tak kalah penting,” kata Tak Sangwoo, profesor riset di Institut Kesehatan & Lingkungan Universitas Nasional Seoul dan mantan peneliti epidemiologi di CDC.

Sumber Berita : Detik Health

Baca Juga : Sikap Sarwendah Banjir Pujian,Menunggu Betrand Peto Pulang Hingga Tertidur di Sofa

MUTIARAPOKER | POKERMAWAR | POKERINTAN